IDENYA SIH SIMPEL..TAPI KOK..

Menggambar buah buahan dari angka 2

Coba liat gambar diatas..cara menggambar buah buahan dari angka dua.
Begitu sederhana dan sangat mudah di ikuti serta gampang dipalajari.
Bahkan gak nyangka kalau angkau dua bisa jadi buah-buahan.
Ide membuat konsep ini muncul dan dijadikan sebuah buku hanya karena niat untuk mengajarkan kepada anak-anak bahwa menggambar dari angka dua itu nggak harus jadinya bebek atau angsa, ternyata bisa juga dijadikan gambar buah-buahan.

Selain itu untuk media interaksi antara anak dan orang tua yang ingin mengajarkan anaknya yang ingin belajar menggambar.
Simpelkan...bahkan saat jadi buku saja sayapun nggak percaya kalo ternyata buku Menggambar itu gampang sempat naik cetak sampai berulang kali.

Ternyata buku yang saya buat dari ide sederhana itu ternyata dijadikan sebagai buku referensi untuk para guru dalam mengajarkan teknik menggambar kepada anak didiknya...nggak tau siapa yang memulai yang jelas seneng aja karya saya bisa bermanfaat buat orang lain.


Saat saya bikin dalam bentuk ebook..bahasanya juga saya ganti ke bahasa Inggris lalu judulnya menjadi "Drawing is Easy" dan saya posting di amazon.

Ternyata malah di baca oleh banyak orang dan di ulas oleh beberapa pembaca bahkan amazon mengganjar dengan award.








Sejak SMA nilai saya untuk Bahasa Indonesia sangat pas-pasan, dan gak kepikiran kalo bisa bikin buku, sangat Amazing memang melihat karya buku udah ke mana-mana dan banyak orang bisa mendapatkan sesuatu yang lain setelah mempelajari bukunya.

Sebelum bikin buku, saya survey dulu ke berbagai toko buku dan saya temukan beberapa buku tentang teknis menggambar untuk anak-anak dibuat pakai komputer yang semua gambarnya sangat sempurna, dari bentuk bulatan, kotak maupun lengkung, pewarnaannya juga sangat bagus karena dikerjakan memakai aplikasi grafis, sehingga banyak anak yang kebingungan tidak bisa mengikuti contoh gambar dibuku yang demikian sempurna.

Lalu saya berusaha membuat buku dengan kondisi sealami mungkin, dari goresan bentuk saya buat semuanya manual lalu saya scan, begitu pun pewarnaannya saya buat dari goresan oil pastel dan saya ajarkan juga cara menggoreskan warna dan memadukan warna.

Ide memang misteri kadang sebuah ide hanya mentok di benak kepala dan mengendap sampai yang punya ide aja sampai lupa kalo pernah punya ide.
Ada juga ide yang demikian cemerlang namun gagal saat direalisasikan karena banyak faktor.
Sebut saja ide membuat MMS (Multimedia Messaging Service) di mana dulu orang lebih suka kirim SMS sehingga ide MMS tersebut gagal di pasaran, bahkan sekarang banyak orang udah mulai beralih ke Video Call dan Whatsapp yang sedikit demi sedikit menggerus SMS.

Balik lagi ke ide yang sederhana.. jujur aja saya sampai saat ini masih belum percaya kalau buku yang saya bikin dari ide sederhana itu sudah mulai di gunakan di Sekolah Internasional bahkan ada tawaran menjadi nara sumber dalam seminar -seminar untuk membagikan cara berpikir kreatif khususnya untuk para guru, bahkan saya sempat di beri kesempatan menjadi dosen Seni rupa di sebuah kampus di Jakarta Timur.

Dulu saya memang punya ide segudang tapi kebanyakan gagal saya realisasi karena kurang Pede atau tidak punya waktu.
Namun bila kita mencoba fokus dan membuat plan agar ide tersebut bisa direalisasi dan hasilnya kita serahkan pasar, saya rasa pasti banyak orang yang berhasil dengan ide uniknya.
Dan saya yakin di Indonesia banyak orang hebat yng punya ide unik dan orisinil namun belum sempat mewujudkannya.

Udah gitu aja..


Tri Harianto
Art Worker dari Kepanjen, Malang





Komentar

Sita mengatakan…
Terima Kasih pak Tri... Inspiratif.. Semoga menjadikan motifsi anak2 lebih banyak berkreasi..
Unknown mengatakan…
boleh ga bukunya 1 untuk Kelompok Bermain gratis di desa saya yang masih sangat kekurangan buku.

Postingan populer dari blog ini

ANTARA CRAYON DAN OIL PASTEL

BUKU MENGGAMBAR ITU GAMPANG